Tentang YLPI Dumai

Sejarah singkat Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Dumai

Sejarah

Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Dumai merupakan sebuah yayasan yang bergerak pada bidang pendidikan dengan maksud menyelenggarakan pendidikan yang diiringi iman, ilmu dan takwa, khususnya di Kota Dumai.

Berawal sejak tahun 1985, Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Dumai telah mendirikan perguruan tinggi setingkat akademi (Diploma III) yang bernama Akademi Teknik Manajemen Industri (ATMI) Dumai. ATMI saat itu berdiri dibawah pengawasan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) I, Medan. ATMI meperoleh status terdaftar berdasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 0348/O/1987 tanggal 20 Juni 1987 dengan jurusan Teknik Industri dan Manajemen Industri.

Melihat kondisi dan perkembangan Dumai dan sekitarnya saat itu, yang memiliki banyak perusahaan, industri, organisasi, instansi dan sebagainya, baik skala besar maupun kecil, serta kebutuhan masyarakat terhadap perguruan tinggi bidang teknik dan kebutuhan lulusan setingkat strata satu dengan keahlian teknik, khususnya teknik bidang industri, informatika dan sipil yang masih kurang, maka YLPI Dumai mengupayakan perubahan status dari akademi menjadi sekolah tinggi. Wujud perubahan ini adalah Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Dumai yang berdiri berdasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 123/D/O/2003 tanggal 5 Agustus 2003 dengan program studi Teknik Industri dan Teknik Informatika. Seiring perkembangan STT Dumai, tahun 2006 menambahkan satu program studi lagi yaitu Teknik Sipil.

Berdirinya STT Dumai telah menggantikan ATMI Dumai, sehingga pada tahun 2005 ATMI Dumai ditutup. Tercatat lulusan ATMI Dumai sampai penutupannya adalah 226 lulusan diploma III dari jurusan jurusan Teknik Industri dan Manajemen Industri.

Adanya STT Dumai diharapkan dapat meningkatkan pemerataan kesempatan belajar di daerah yang pada akhirnya nanti dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, khususnya di Dumai dan Provinsi Riau. Hal ini selaras dengan visi dan misi Provinsi Riau saat itu, dimana program utamanya adalah menuntaskan masalah kebodohan, kemiskinan dan menjadikan sumber daya manusia Riau yang siap pakai dengan cara menciptakan sistem pendidikan yang bisa menciptakan mausia yang mandiri dan mempunyai basis penguasaaan teknologi.

Pengurus

YLPI didirikan oleh beberapa figur yang masuk ke dalam kepengurusan, berikut adalah nama-nama pengurus YLPI Dumai :

  • dr. H. Sunaryo

    Pembina

  • H. Ismail, S.H

    Pembina

  • Drs. H. Arman Abdullah, M.M

    Pengawas

  • H. Jumarita, B.Sc

    Ketua

  • Hj. Erniwati, Amd

    Sekretaris

  • H. Achyunal Herry, SH

    Bendahara

Seluruh hak cipta - © STT Dumai 2019.